Mata Kuliah
Eksperimen Fisika berbasis Remote Laboratory
Program Studi Pendidikan Fisika - Universitas Ahmad Dahlan
Profil Dosen
Nama : Dr. Ishafit, M.Si.
Email : ishafit@pfis.uad.ac.id
Web : http://ishafit.pfis.uad.ac.id
Kantor : Laboratorium Teknologi Pembelajaran Sains (LTPS)
Lantai 5, Gedung Laboratorium Terpadu, Kampus 4
Universitas Ahmad Dahlan
Pengantar
Selamat datang di mata kuliah Eksperimen Fisika berbasis Remote Laboratory. Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengalaman belajar pada mahasiswa dalam melakukan eksperimen nyata secara remote melalui web (web-based experiment). Dalam mata kuliah ini mahasiswa dapat mengamati dan melakukan pengukuran dengan aparatus dan sistem akuisisi data, berlatih melakukan analisis kuantitatif untuk menemukan atau mengkonfirmasi hubungan antara besaran yang terlibat, membuat prediksi tentang sistem fisis dan mengujinya dengan eskperimen. Mahasiswa juga belajar menggunakan hasil pengukuran dan hukum-hukum fisika untuk menentukan konstanta-konstanta dasar fisika. Mata kuliah ini juga bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa menggunakan peralatan terknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pencarian literatur, informasi saintifik yang diperlukan dalam kagiatan eksperimen. Dalam aspek keterampilan komunikasi, mahasiwa dapat mengembangkan kemampuan mempresentasikan informasi saintifik dan teknikal dari hasil eksperimentasi laboratorium dalam bentuk tulisan/lisan. Dalam aspek sikap, mata kuliah ini diharapkan mampu menanamkan sikap saintifik empiris bahwa pernyataan-pernyataan sains harus didukung oleh pembuktian empiris melalui eksperimen yang sahih. Selain itu, melalui kegiatan belajar di mata kuliah ini dapat ditanamkan sikap kejujuran dalam bekerja.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah eksperimen fisika berbasis remote laboratory mencakup materi teori dan praktikum. Materi teori tentang Pegukuran dan Eksperimen yang terdiri dari: 1) Eksperimen dan Metode Saintifik, 2) Distribusi Data Pengukuran, 3) Pengukuran dan Analisis Ralat, 4) Analisis Data Eksperimen, dan 5) Menulis Laporan Eksperimen. Untuk materi praktikum terdiri dari: 1) Listrik Magnet dengan topik eksperimen medan magnet oleh koil dangan landasan teoritik hukum BiotSavart, 2) Optika Fisis dengan eksperimen polarisasi cahaya belandaskan hukum Malus, 3) Fisika Modern dengan topik eksperimen penentuan konstanta Planck degan light emitting diode (LED) berlandaskan pada teori quantum foton, dan eksperimen spektroskopi atom berlandakan taori atom Bohr, 4) Fisika Inti dengan eksperimen watak statistik cacah radiasi radisasi berlandaskan teori distribusi statistik Poisson, 5) Fluida Statis, 6) Gerak Lurus dalam Bidang Miring, 7) Pendulum Fisis, dan 8) Induksi Elektromagnetik.
Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan mata kuliah
ini, mahasiswa akan dapat:
- Mengidentifikasi besaran fisika dalam kegiatan eksperimen atau laborartorium ,
- Merancang prosedur eskeperimen dan
melaksanakannya untuk mengukur besaran fisika secara sistematis, akurat, dan presisi,
- Membuat grafik dan menganalisis data
pengukuran melalui teknik linearisasi dan regresi,
- Menafsirkan hasil analisis terhadap
prinsip-prinsip teoritik yang dijadikan dasar dalam menentukan
besaran/konstanta fisika,
- Membuat laporan eksperimen dengan
format standar publikasi dalam prosiding/jurnal ilmaih bidang sains.
Metode Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran, kegiatan eskperimen laboratorium sebagai pengalaman belajar dengan melakukan tiga tahap kegiatan yaitu Pra-Lab, Remote-Lab, dan Pasca-Lab.
- Pra-Lab adalah kegiatan menyelesaikan pertanyaan tentang konten dan prosedur eksperimen sebelum melakukan setiap kegiatan eksperimen. Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini mempersiapkan mahasiswa untuk mendapatkan hasil maksimal dari eksperimen dengan membimbing pemahamannya tentang konsep ilmiah yang seharusnya dipelajari dengan melakukan eksperimen dan membuat eksperimen sebagai tindakan penyelidikan ilmiah berdasarkan pada hipotesis atau pertanyaan ilmiah.
- Remote-Lab adalah kegiatan eksperimen oleh mahasiswa melalui proses mengumpulkan, menganalisis, dan memahami data eksperimen. Sepanjang proses, mahasiswa disediakan sumber daya yang membantunya bekerja secara efektif dengan data, seperti remote laboratory (remote data acquisition system) dan spreadsheet untuk analisis data. Pada tahap ini mahasiswa mengidentifikasi besaran (variabel) dependen dan independen, memahami jenis data yang telah diperoleh, dan membuat tabel dan grafik yang sesuai untuk data. Semua aktvitas ini didokumentasikan di log book.
- Pasca-Lab adalah kegiatan untuk menulis laporan eksperimen. Ini mengarahkan mahasiswa dalam menggunakan informasi dari kegiatan Pra-Lab dan Remote-Lab untuk menulis laporan. Mahasiswa membuat laporan bagian demi bagian, dimulai dengan yang sudah mereka ketahui paling banyak, pertama Metode dan kemudian Hasil dan mengerjakannya sampai ke Abstrak dan Judul. Pendekatan ini memberikan pengalaman pada mahasiswa cara yang masuk akal dan logis untuk menulis laporan eksperimen.
Metode Penilaian
Nilai mata kuliah ini secara keseluruhan akan ditentukan oleh kinerja mahasiswa di setiap topik eksperimen dan partisipasi mahasiswa dalam kelompok. Mahasiswa akan menyelesaikan 5 topik eksperimen. Penilaian didasarkan pada 2 kegiatan utama, yaitu Pra-Lab dan Pasca-Lab.
- Penilaian Pra-Lab dasarkan jawaban mahasiwa pada pertanyaan-pertanyaan Pra-Lab dan jawaban ini diserahkan sebelum kegiatan Remote-Lab atau eksperimen melalui web dengan remote laboratory dimulai. Mahasiswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan Pra-lab secara individu/kelompok kelas online di setiap pertemuan.
- Penilaian Pasca-Lab didasarkan pada laporan eksperimen mahasiswa yang disusun sesuai format penulisan ilmiah. Nilai laporan difokuskan pada ketepatan isi dan sistematika laporan, serta ketepatan tata tulis ilmiahnya, dengan distribusi bobot nilai sebagaimana ditetapkan dalam rubrIk penilaian laporan.
Media Komunikasi Sinkronus